KEMAHASISWAAN

Jumlah mahasiswa beserta nama dapat di cek pada SIAKAD dan data PDPT DIKTI

Data seluruh mahasiswa reguler dan lulusannya dalam lima tahun terakhir

Tahun Akade-mik

Daya Tampung

Jumlah Calon Mahasiswa Reguler 

Jumlah Mahasiswa Baru

Jumlah Total Mahasiswa

Jumlah Lulusan

 

IPK

Lulusan Reguler

Persentase Lulusan Reguler

 dengan IPK :

Ikut Seleksi

Lulus Seleksi

Regular bukan Transfer

Transfer(3)

Reguler bukan Transfer

Transfer(3)

Reguler bukan Transfer

Transfer(3)

Min

Rat

Mak

< 2,75

2,75-3,50

> 3,50

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

(12)

(13)

(14)

(15)

(16)

2013

120

100

100

75

3

75

3

55

3,11

3,36

3,93

78.18

21,81

2014

   120

124

106

102

3

102

3

39

2,29

3,30

3,82

2,56

76,92

20,51

2015

130

474

122

122

122

40

3,06

3,30

3,57

92,5

7,5

2016

120

180

102

102

2

102

2

51

3,07

3,36

3,79

72,5

25,4

2017

180

440

161

148

148

24

2,74

3,25

3,57

4,6

91,7

4,16

Jumlah

630

1.318

591

549

8

549

8

209

Mahasiswa Program Studi PG PAUD Universitas Tadulako terutama di bidang non-akademik seperti halnya dibidang prestasi keagamaan dan kreativitas, adapun prestasi tersebut dalam tiga tahun terakhir terangkum

No.

Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan

Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional)

Prestasi yang Dicapai

(1)

(2)

(3)

(4)

1

MTQ Mahasiswa Nasiona l(Tahfidz 1 Juz Al- Qur’an), (bukti sertifikat)

Nasional

Harapan II

2

Porseni Tingkat FakultasTahun 2015 cabang olahraga karate

Lokal

Juara 2

3

Pekan Olahraga dan seni maba Universitas Tadulako tahun 2015 cabang olahraga volley

Lokal

Juara 2

4

FKIP Berkreasi Tahun 20167

Lokal

Juara 1

5

Terpilih dalam  Kegiatan SUSKALAK (kursus kader pelaksana)Markas Brigif cilandak Jakarta

Nasional

Kader Provinsi Sulteng

Pelayanan kepada mahasiswa Program Studi.

No.

Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa

Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya

(1)

(2)

(3)

1

Bimbingan dan konseling Bimbingan akademik secara reguler dilakukan berkesinambungan setiap awal semester selama masa perkuliahan. Dosen wali memberikan arahan mengenai gambaran proses perkuliahan, khususnya mengenai mata kuliah-mata kuliah yang akan direncanakan (diprogramkan) pada tiap semester dan strategi belajar yang efektif di Program Studi. Pimpinan Program Studi dan dosen wali juga ikut membantu mahasiswa yang mengalami kendala-kendala yang terkait dengan kegiatan akademik. Program Studi memahami kegiatan bimbingan dan konsultasi akademik ini sangat membantu mahasiswa dalam mengatasi berbagai masalah-masalah akademik. Hasilnya berupa peningkatan indeks prestasi semester (IPS) dan persentase kelulusan jumlah mata kuliah yang telah diprogramkan.Layanan konseling dan sosial tidak diberikan secara terorganisir di tingkat program studi, namun, pelaksanaannya di tingkat universitas oleh konselor dari laboratorium studio BK. Hasilnya antara lain berupa keputusan mahasiswa Program Studi pindah fakultas/jurusan/program studi di lingkungan Universitas Tadulako.

2

Minat dan bakat (ekstra Kurikuler) Secara struktural, kegiatan ekstra kurikuler mahasiswa terhimpun dalam kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dibina langsung oleh Fakultas atau Universitas. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan, meliputi kegiatan olah raga, kegiatan seni tari, kegiatan seni suara, kegiatan seni musik, mahasiswa pencinta alam, kegiatan jurnalistik, teater, kerohanian Islam (Rohis), Unit pengkajian hindu dharma mahasiswa (UPHDM)  dan organisasi mahasiswa lainnya. Pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler ini umumnya dirangkaikan dengan kegiatan Fakultas atau Universitas, seperti Dies Natalis, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Hari Kartini, dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Mahasiswa juga sering ikut serta dalam berbagai kegiatan tingkat daerah, regional, dan nasional. Keterlibatan dalam berbagai kegiatan tersebut, membuat mahasiswa mampu memahami, mengenali, dan mengembangkan bakat maupun potensi yang dimilikinya. Program Studi pun terlibat dalam pembinaan minat dan bakat mahasiswa Program Studi PG PAUD yang terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (HIMAPAUD). Salah satu contoh kegiatan HIMAPAUD adalah pada bulan Mei tahun 2010, HIMAPAUD telah berhasil menyelenggarakan Festival Anak (Festak) untuk wilayah kota Palu dan sekitarnya, dengan mengundang sekolah-sekolah PAUD dan TK untuk terlibat dalam berbagai perlombaan, seperti mewarnai, meronce, peragaan busana, dan sebagainya. Mahasiswa PG PAUD menjadi panitia Festival Anak (Festak), mewakili dari tiap angkatan yang ada di Program Studi PG PAUD. Para dosen PG PAUD dan beberapa dosen dari Program Studi lain ikut terlibat sebagai juri dengan berbagai macam kegiatan perlombaan, Ikatan Mahasiswa PG PAUD Se Indonesia yang dirangkaikan dengan seminar nasional, Pemateri dalam kegiatan tersebut adalah “Dik Doang, Ibu Zulzalmida A. Janggola, dan Dr. Gatot Margono”.

3

Pembinaan soft skills –       Pembinaan soft skill dikembangkan dalam dua bentuk, yaitu kegiatan HIMAPAUD dan pembelajaran di kelas. Penjabarannya, sebagai berikut:

  1.       I.  Pembinaan soft skills melalui kegiatan HIMAPAUD, seperti pembinaan mahasiswa baru (Integrasi), dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).
  2.     II.  Pembinaan soft skill dalam proses pembelajaran dilakukan melalui metode diskusi, presentasi, studi kasus, dan pembelajaran kooperatif

–       Program Studi mengakui bahwa softskill mahasiswa PG PAUD masih perlu ditingkatkan melalui berbagai upaya. Upaya yang sudah dilakukan adalah mengikutsertakan dosen dalam lokakarya penyusunan RPP yang berbasis kompetensi yang mengintegrasikan soft skill. Hasil lokakarya tersebut disosialisasikan ditingkat Program Studi. Hasil dari kegiatan tersebut berupa tumbuhnya sikap kepemimpinan, bertanggung jawab, kreativitas, kejujuran, kedisiplinan, sikap profesional, inisiatif, kemampuan memecahkan masalah, berargumentasi logis, percaya diri meningkat, mampu menghargai pendapat orang lain, kemampuan membagi waktu untuk kuliah maupun kegiatan, dan dapat bekerja sama dalam tim.serta mengikut sertakan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan Soft skill mahasiswa seperti dalam kegiatan “Inspiring talk& Storytelling Class Rona Mentari” yang memnagtu mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan anak dalam bercerita.

4

Beasiswa  Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi (Bidik Misi, PPA, BBM) Pelaksanaannya dilakukan pada setiap tahun akademik. Mahasiswa mengisi form beasiswa dan selanjutnya dilakukan wawancara atau meminta informasi dari dosen lain sebagai kegiatan seleksi calon penerima. Penerimaan beasiswa dilakukan setiap tahun dengan memprioritaskan mahasiswa yang lemah secara ekonomi, tetapi menunjukkan prestasi belajar yang baik. Sampai saat ini beasiswa yang diikuti oleh mahasiswa PG PAUD adalah beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM). Selama 2 tahun terakhir, mahasiswa yang lolos seleksi diberikan beasiswa dari jenis beasiswa tersebut yang dananya langsung ditransfer kerekening mahasiswa. Hasil yang ditunjukkan melancarkan pembayaran biaya kuliah dan kebutuhan referensi perkuliahan. Mahasiswa penerima beasiswa menunjukkan prestasi belajar yang lebih baik dan mampu membantu mahasiswa lainnya yang kurang mampu di bidang akademik. Selain itu, mereka menjadi motivator dan dinamisator di dalam dan luar kuliah.

5

Kesehatan  Layanan kesehatan mahasiswa dikelola di tingkat Universitas, yaitu adanya Rumah Sakit Pendidikan, dilakukan pada masa pendaftaran mahasiswa baru dan masa pelaksanaan kegiatan disesuaikan dengan kalender akademik Universitas/Fakultas

6

Pembinaan Kegiatan Kemahasiswaan Memberikan pembinaan organisasi kemahasiswaan yang terhimpun dalam organisasi HIMAPAUD, penyediaan layanan akses internet wireless.